NGANJUK KOTA ANGIN

Sumber:https://www.google.co.id/urlsa=i&source

     Assalamualaikum Wr.Wb
     halo guys, apa kabar? masih berjumpa dengan saya di blog saya tentunya :v. Kali ini saya akan membahas tentang Kota Nganjuk. Iya kota kesayangan saya, dimana saya dilahirkan dan di besarkan. 
     Nganjuk adalah kota angin yang memiliki kekayaan wisata dan budaya yang terletak di Jawa Timur. Pada masa Medang, Nganjuk dikenal dengan itilah Anjuk Ladang yaitu kota Kemenangan. Tidak hanya kekayaan wisata dan budaya yang ada, tetapi ada banyak kuliner di daerah Nganjuk yang wajib kalian datangi.
     Di Nganjuk masih kental sekali budaya nya, masih kuat kepercayaannya kepada nenek moyang dan para petua yang telah meninggalkan banyak sekali peninggalan atau petilasan yang ada di Nganjuk. 
     Sampai saat ini makanan khas, tarian, upacara adat dan budaya masih di lestarikan. Contohya Tarian jaranan, paguyuban Tayub, wayang timplong, tari mung dhe dan tari salipok. 
     Makanan khas dari Nganjuk sendiri adalah nasi becek. Nasi becek adalah makanan sejenis dengan gulai yang mirip soto tetapi kuahnya lebih kental. Dibandingkan dengan soto, nasi becek selalu dikaitkan dengan sate kambing, berbeda dengan soto yang umumnya dikasih irisan daging ayam atau sapi.
     Selain itu, Kota Nganjuk juga memiliki keunikah seperti peninggalan sejarah yang tadi sudah saya ulas sedikit. Diantaranya yaitu candi lor, prasasti kinawe, candi ngetos, prasasti anjuk ladang, monumen Dr.Soetomo, makam mbah raden, makam kanjeng jimat, petilasan gadjahmada dan masjid yoni al mubarok.
     Masih banyak lagi yang lain dan menurut saya Nganjuk adalah daerah yang paling istimewa yang wajib kalian kunjungi. Tak akan menyesal jika kalian datang ke Kota kami. Sekian post dari saya, semoga bermanfaat.
     Wassalamu'alaikum Wr.Wb

Komentar

Postingan Populer